Admin Admin KHASFIYA.COM

Dear Akhir SMA : Baca ini Sebelum Terlambat!

2 min read

dear-akhir-sma

Hai sob! Kali ini gua mau bahas seputar dunia perkuliahan. Rekomendasi buat yang mau lanjut pendidikan. Kalian wajib banget baca!

Tujuan Kalian..

Apasi tujuan kalian abis lulus SMA? Gua bantu permudah dengan pakai akronim KKN (kuliah, kerja, nikah). Jadi pilih yang mana nih? Sederhananya gini, kalau kalian pilih kuliah, berarti kalian harus udah nentuin mau kuliah dimana, jurusan apa, ikut jalur apa dan seterusnya sampai pada titik “gua siap kuliah!”.

Sama aja dengan kerja dan nikah, mau kerja dimana, posisi apa, nikah sama siapa, rencana masa depan gimana dan bla-bla-bla sampai kalian yakin “gua siap kerja, gua siap nikah!”.

Nggak Semudah itu Bro..

Yakin semudah itu idup? Nggak lah! Plan tadi cuma garis besar dari “rencana hidup”. Maksudnya, sebagai gambaran kasar aja gimana hidup kalian bakal berjalan nantinya, biar nggak stagnan alias mandeg. Kalau kalian mau kuliah, alurnya gini -> nentuin jurusan pilihan — nentuin kampus — pilih jalur masuk — daftar kuliah — bayar ukt — jadi maba.

Simple kan? Padahal, bila garis besar itu dikerucutkan dan dirinci secara mendetail, kalian akan nemuin beragam jalur terjal yang musti dihadapi. Misal, restu orangtua (paling penting nih), masalah biaya, rencana hidup (bagi anak rantau), nyiapin berkas yang diperlukan (buat pencari beasiswa), dsb. Itu semua baru first step jadi maba (baca: mahasiswa baru).

Kalau udah terjun di kampus gimana?

Menjalani hidup ketika sudah menyandang status mahasiswa adalah baru awal kalian hidup sebenarnya!

Percaya deh! Saat kalian berhasil tembus PTN impian, bukan berarti itu momen terhebat yang berhasil dilalui.

Masuk dunia kampus ibarat buka pintu gerbang, kalian belum tau ada apa dibalik pintu itu, apa saja yang akan dihadapi. Masuk gerbang samadengan siap tempur! Sampai sini paham?

Hebat itu Kalau..

Hebat yang dimaksud disini adalah sebuah pencapaian. Apa yang dicapai? Target! So, kalian wajib punya target agar hidup makin dinamis.

Misal,

  • jadi penerima beasiswa bergengsi,
  • pertukaran mahasiswa sama negara lain,
  • terpilih jadi mahasiswa berprestasi,
  • wisuda dengan predikat cumlaude dst.

Salah nggak sih punya target kek gitu? Jawabannya enggak, asalkan hal yang jadi target kalian itu positif dan nggak ngerugiin orang. Poin pentingnya lagi, jangan ambis! Why? Lakukan sewajarnya saja.

Punya target bukan untuk nerima keberhasilannya doang! Punya target berarti siap untuk gagal pula. Maka, silakan ngoyo dengan wajar.

Pesan Cinta KHAS buat,

MAhasiswa BAru

Congrats! Kalian udah berhasil masuk dunia kuliah. Next, siapin mental yang kuat ya, setelah ini kalian harus nanggung resiko dari pilihan yang diambil. Entah pilihan kalian itu nggak sesuai hati, paksaan orangtua, atau cuma sekedar ikut-ikutan tren doang, tetep aja kalian yang mutusin kan! Tenang, gua nggak ada maksud nakutin kok, hehe..

Mau ngeluh boleh nggak? Boleh aja, manusiawi banget tuh. Tapi inget, ngeluh itu tanda jeda, bukan untuk berhenti lalu nyerah! Silakan sambat sesuai porsinya, jangan minta lebihan, apalagi kembalian wkwkw. Semangaaatt!

Anak Gap Year

Ngambil pilihan untuk berhenti setahun bukan perkara mudah! Kalian strong banget tau! Meski di tahun depan nggak jadi lanjut kuliah dan terlanjur nyaman dengan kondisi kalian, entah kerja atau malah nikah, itu nggak jadi masalah. Nggak nerusin pendidikan bukan hal yang menyedihkan kok! Lakukan yang terbaik, kalian keren!

Diri Sendiri

Pilihan ada di kamu! Apapun itu, lakukan dengan sepenuh hati. Berusaha dan berdo’a lebih gigih. Kamu udah sampai sini, segala keputusan harus dipertimbangkan secara matang.

Jangan lupa beri perhatian lebih pada diri sendiri. Apresiasi diri cukup biasakan ngucapin kata “maaf” dan “terimakasih”. Masalah hasil? Dahlah, take action dulu, gausah banyak protes!

dari aku, si insekyur yang kurang bersyukur.

Admin Admin KHASFIYA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *